kriteria guru dambaan

Beberapa hari yang lalu gue baca Koran harian yang gue beli dari pinggir jalan, pas gue liat halaman pembuka dari Koran itu.. gue langsung diem, yap gue kaget banget pas baca halaman pertama, disitu gue liat artikel dengan judul “SEORANG GURU YANG MENYODOMI 3 MURIDNYA” itu bener-bener perilaku yang menyimpang abis, kalau muridnya udah SMA sih masih bisa diterima sama akal sehat, nah terus kalau yang di sodomi itu masih SD atau TK? Kiss ma’ ass dude !!
Mungkin diantara kalian udah sering denger berita kaya gitu di media elektronik macem tivi, radio atau internet. Tapi gimana Indonesia mau maksa anak-anak bangsa supaya sukses, kalau gurunya aja kayak gitu, setau gue sih di sekolah nggak ada pelajaran sexology kan? Nah terus itu kenapa suka banget sama yang namanya nyodok-me-nyodok? ehem maksud gue nggak gitu juga sih, iya nggak gitu kok, tapi.. yaudah lah lupakan.
Sebagai manusia yang normal, gue juga sering banget yang namanya milih-milih guru, that’s why gue sampai sekarang nggak pernah ngerasain gimana rasanya jadi orang jenius yang selalu di sembah-sembah sama guru, dan gue yakin kalian juga kayak gue, makanya itu gue mau ngebahas tentang tipe-tipe guru yang di sukain sama murid-muridnya, oke cekibrot ! :

1. FLAT EXPRESSION.


Tipe guru kaya gini emang idola murid banget, disaat muridnya lagi gaduh di kelas, si guru malah masang muka datar sambil ngasih sedikit senyuman, entahlah apa yang ada di benaknya, atau mungkin dia menerapkan teori berani gaduh itu baik? cuma menurut gue tipe guru kaya gini biasanya nggak di hargain sama muridnya. Pernah jamannya gue kelas satu STM dulu ngalemin hal beginian, singkat cerita gue lagi konsen banget ngerjain tugas yang dikasih sama guru Mati-mati-ka, otak gue yang semula isinya cuma Julia perez, sekarang berubah jadi bayang-bayang wajah albert einsten lagi joget gangnam style. yap pas gue amatin, ternyata cuma meja barisan depan doang yang niat ngerjain tugas matematika itu, untuk guru STM sebenernya hal kaya gini tuh bikin mereka murka, tapi kebetulan guru gue itu flat banget ekspresinya, dia cuma ngomong “jangan berisik yaaahh..” sambil ngeluarin secuil senyuman dari bibirnya. Nah menurut gue kejadian kaya gini itu jahannam banget buat siswa-siswi jenius yang selalu mengorbankan harta dan nyawanya demi sebuah nilai yang bagus, berbanding terbalik sama murid ngehe yang kerjaannya cuma nyalin jawaban temen, ini bener-bener simbiosis parasitisme !! gue sebagai calon murid jenius merasa kecewaaaa !

2. “RAJIN” NGGAK DATENG.


Gue jamin kalian juga ngerasain kebahagiaan yang sangat mendalam kalau punya guru kaya gini, tapi karismatik murid sama guru yang kaya gini juga jadi sedikit berkurang, ya tapi emang bener sih, mereka yang jabatannya sebagai guru aja nggak ngehargain kemauan murid buat belajar, apalagi muridnya kan? Rutinitas murid yang gitu-gitu aja pasti ngalemin yang namanya kudaplocos syndrome, ini semacem kelainan yang berdampak sama kondisi jiwa korban, dimana pelakunya nggak bisa menahan hasrat buat main kuda tomplok disaat gurunya nggak dateng, tapi apa daya karena PSY mulai tenar, posisi kuda tomplok jadi tergantikan sama jogetan komang-komang style nya itu, oke dulu gue juga pernah sebel sama yang namanya guru pemales, dateng ke kelas-duduk-ngasih tugas-keluar. Iya pekerjaan dia semacem komandan security gitu. jamanannya gue SMP hal kaya gini malah ngebikin jiwa muda gue bergelora, entah kenapa saat denger guru matematika nggak dateng itu gue ngerasa kaya abis berenang keliling sungai nil bareng anisa chibi, yap rare moment kaya gini emang menyenangkan banget, tapi konsekuensi yang harus lo terima… bego seumur hidup, sedih? Memang.

problem solving : kalau misalkan guru elo emang males banget ngajar, coba tegor dia sambil sesekali ngasih nasihat ke dia, kalau emang tuh guru masih nggak masuk-masuk juga, yaudah isi waktunya dengan baca buku atau hal-hal bermanfaat lainnya, kaya nonton video malem pertamanya anang sama ashanty, nggak.. maksud gue video clip nya anang-ashanty, entahlah.. kenapa gue ngomongin mereka..

3. GOOD LOOKING.


Anda ingin punya guru sexy?
Anda ingin punya guru ganteng dan cantik?
atau anda ingin memperbesar ukuran pinggang anda?
Silahkan hubungin on-clinic ! rahasia dijamin !
Iya menurut gue guru yang punya tampang kaya model itu emang surga banget, serasa gue itu lagi dikasih intruksi sama pramugari pesawat, ya gue rasa papan tulis mungkin cuma jadi figuran doang di kelas, karena apa? Yasudahlah..

Pengalaman gue soal guru cakep itu emang belum terlalu luas, dulu gue pernah ngerasain punya guru cakep pas masih kelas satu SMP, iya saat itu gue masih demen banget nonton film ultraman, jadi gue nggak mikirin soal guru cakep apalagi guru sexy, tapi pas masuk STM gue baru sadar kalau pas SMP gue punya guru cakep abis, apalagi dilengkapi dengan fitur extra dari badannya yang sexy, sebut aja namanya bu frida, doi suka banget sama yang namanya fashion, mungkin faktor usia muda yang menuntut dia supaya berpenampilan modis layaknya kim kardashian. Tapi yang jadi bad point adalah bu frida ini guru mati-mati-ka, iya bayang-bayang einsten emang selalu nongol di ubun-ubun gue kalau ngomongin pelajaran laknat ini. Setiap doi masuk ke ruang kelas, siswa sekelas sama sekali nggak ada yang bicara, mereka pada fokus sama satu tujuan doang, bukan focus kearah wajahnya, tapi.. yasudahlah..

Jadi menurut gue pelajar juga harus mawas diri dalam menyikapi problema seperti ini, ya emang sih susah banget ngejaga zinah mata, apalagi targetnya itu guru sendiri yang hampir tiap hari elo temuin, so jadikan fitur dari seorang guru untuk hal positif, semakin cakep tuh guru, ya elo juga harus semangat belajar, ingat pesan einsten “hukum gravitasi tidak berlaku terhadap orang yang sedang jatuh cinta” entah apa hubungannya, dan entah juga kenapa einsten demen banget masuk ke postingan gue, whatta hell !!!

4. TALK SHOW DADAKAN.


mayoritas ibu-ibu itu emang doyan banget sama yang namanya curcol atau curhat colongan, iya gue pernah dapet guru kaya gini jamannya gue masih SMP dulu, dan guru ini kebetulan ngajar pelajaran favorit gue bahasa inggris, sebut aja namanya bu Rita, doi bener-bener mahir membelokan pelajaran menjadi kultum sesaat, dulu gue pernah jadi korban keganasan doi.. jadi singkat cerita dulu itu gue lagi belajar tentang future tense, ya karena gue masih SMP.. pelajaran itu tuh serasa sulit banget, sesulit nyari flashdisk di hutan amazone. Jadi gue ngedeketin ke meja doi sambil ngomong “bu saya masih nggak ngerti, itu harus pakai WILL sama SHALL ya? Misalkan they will visit Singapore, benerkan bu?” dengan santai doi ngejawab pertanyaan gue.
“oh iya kamu bener han, eh tapi kamu kenapa harus ngasih contoh SINGAPORE sih? Dulu saya punya mantan orang riau, ganteeeng banget deh mirip sama morgan smash, yang saya nggak bisa lupain dari dia itu sikap pemalu nya, tapi karena dia itu kerja di dubes Indonesia yang ada di Singapore, kita jadi nggak pernah ketemu, pingin ke Singapore tapi nggak punya duit, saya kangen han sama mantan saya !! kalau ketemu mau saya peluk sampe muntah darah !! aaaaaa sakit hati..”
“bu, saya boleh bunuh diri nggak?”

Iya gue suka kesel aja kalau pertanyaan gue yang singkat, di bales sama jawaban yang panjang dan nggak penting, tapi ya namanya naluri mamah dedeh, suka banget sama yang namanya kultum.

Tapi buat sebagian murid, guru yang kaya gini itu menyenangkan banget, soalnya pelajaran jadi terasa nggak penting, cuma kasian aja yang jadi korban curhatan tuh guru, gue takut korbannya mengalami pendarahan ringan pada pendengarannya..

5. FRIENDLY


Tipe guru yang kaya gini tuh asik banget, sumpah demi poni nya inul daratista, gue bakal semangat banget belajar kalau ketemu sama guru yang beginian, pernah lah beberapa kali gue dapet kesempatan buat di ajar sama tipe guru kaya gini, contohnya dulu pas kelas 6 SD, iya waktu itu gue masih kecil banget, masih semangat-semangatnya ngoleksi posternya kangen band, entah kenapa gue merasa menyesal. Ohiya back to the topic.. jadi ceritanya dulu pas kelas 6 SD itu gue punya wali kelas namanya pak nano, doi umurnya baru 33 tahun saat itu, untuk ukuran guru, segitu adalah usia yang terlalu muda.. nah doi suka banget sama klub Chelsea.. iya setiap ketemu gue pasti ngebahas tentang bola terus.. oke gue ngerasa nyaman banget sama nih guru, setiap hari dia duduk di bangku gue, ngebahas pertandingan semalem, terus dia ketawa sambil nepok pundak gue, megang bahu gue, menggenggam tangan gue, meraba paha gue, dan keesokan harinya gue udah nggak suci lagi.. oke itu ngarang banget, jadi intinya pak nano ini bener-bener bersahabat banget sama muridnya, even.. dia punya birthday list murid-muridnya loh, hebatkan? Memang.
So, kalau lo dapet guru yang bersahabat kaya gini, saran gue lo harus hargain dia, jangan pernah ngecewain dia, apalagi ngegodain istri atau suami dia, dosa.

Oke kayanya segitu aja macem-macem guru yang di puja sama murid-muridnya, tapi saran gue se asik apapun guru lo sama lo, tetep hargain dia sebagai guru, nggak peduli bagaimana cara dia mengajar, karena bagaimana pun guru adalah malaikat yang bakalan ngelatih otak lo

Penulis : anshar tekaje ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel kriteria guru dambaan ini dipublish oleh anshar tekaje pada hari Senin, 15 Oktober 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan kriteria guru dambaan
 

1 komentar: